HOW TO INSTALL FTP IN LINUX

ASSALAMUALAIKUM WR.WB

A. JUDUL/ NAMA KEGIATAN
    HOW TO INSTALL FTP IN LINUX

B. PENDAHULUAN
1. PENGERTIAN : File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.
2. LATARBELAKANG : untuk transfer file atau data dalam satu jaringan.
3. MAKSUD DAN TUJUAN : mengetahuhi ftp dan utamanya membagikan file atau data.
4. HASIL YANG DIHARAPKAN : Dapat diimplementasikan di dalam kelas nantinya.

C. ALAT DAN BAHAN
   PC
   BUKU KONFIGURASI DEBIAN

D. JANGKA WAKTU/PELAKSANAAN KEGIATAN
    Hari Selasa 03 Oktober 2017   kisaran 20-25 menit
E. PROSES DAB TAHAPAN

1. Langkah pertama kita buka dulu terminal, lalu kita ketikkan “apt-get install proftpd”



2. lalu ketika sudah pertengahan proses install muncul pada gambar berikut, itu nanti langsung pilih yang bawah lalu kita enter.



3. setelah proses install selesai kita ketikkan “nano /etc/proftpd/proftpd.conf”



4. nanti kita akan masuk ke menu edit text, kita edit seperti dibawa ini.
Bagian paling bawah kita tambahkan text seperti diatas.

 

 





5. Tadi kita sudah mengetikkan user di menu edit text tadi, lalu kita ketikkan “adduser (nama user) contoh: adduser ridho” .nanti kita akan memasukkan pasword untuk nanti login di ftpnya. Lalu tekan y atau enter.





6. setelah itu langkah selanjutnya ketikkan “service proftpd restart”



7. setelah itu kita masuk ke browser ketikan “ftp://192.168.43.29”



lalu kita masukkan user dan password yang telah kita buat tadi.

8. ketika kita sudah memasukkan user dan password, seperti ini hasilnya.



F. HASIL YANG DIDAPATKAN
menginstall ftp ini nanti dapat digunakan untuk transfer file, dalam suatu jaringan.

G. TEMUAN MASALAH
    Tadi ketika saya mencoba install sudah selesai dan saya mencoba masukke mode edit text dan saya sudah ubah seperti gambar diatas, saya belum bisa masukke ftp yang lewat ke browser, ternyata saya belum menambahkan user yang ketik adduser tadi, setelah itu saya baru bisa.

H. KESIMPULAN
    untuk menginstall FTP ini cukup mudah tetapi, jangan dianggap remeh salah sedikit kita bisa gagal, seperti saya tadi.

I. REFERENSI DAN DAFTAR PUSTAKA
Buku konfigurasi Debian Server


Terimakasih itu saja yang dapat saya sampaikan.

WASSALAMUALAIKUM WR.WB

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.