KONFIGURASI VPN (PPTP)

ASSALAMUALAIKUM WR.WB

A. JUDUL/ NAMA KEGIATAN

   KONFIGURASI VPN (PPTP)

Image result for vpn pptp




B. PENDAHULUAN
  1. PENGERTIAN : VPN adalah Virtual Private Network merupakan kumpulan komputer yang terhubung secara fisik dan dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya dengan menggunakan aturan (protocol) tertentu.
  2. LATARBELAKANG : Saya menggunakan VPN karena hotspot saya sedikit lemot karena terinterferensi atau banyak channel yang saling bertabrakan.
  3. MAKSUD DAN TUJUAN : Agar saya dapat meremote router/server tanpa harus masuk ke hotspot saya dalam arti dapat terhubung ke router sendiri tetapi menyambung ke hotspot lain. 
C. ALAT DAN BAHAN
    PC
    KONEKSI INTERNET
    MIKROTIK

D. JANGKA WAKTU/ PELAKSANAAN KEGIATAN
  Hari Senin, 16 Oktober 2017, dalam mengkonfigurasi sekitar 15 menit.

E. PROSES DAN TAHAPAN PEKERJAAN

1. kita masuk dulu ke hotspot kita
2. Selanjutnya masukke winbox, pastikan kita sudah login
3. setelah masukke winbox , kita masukke menu PPP lalu pilih PPTP server, lalu di enable dulu dan default Profilenya yang"default-encryption"


4.  Lalu kita buat Profilenya di menu profile lalu klik add(+)

 namanya bisa bebas, untuk ip local itu ip yang berbeda diantara interface router yang ada.

5.Setelah itu kita masukke menu Secrets , kita isikan disitu nama dan password yang kita gunakan untuk VPN nanti.



untuk servicenya kita menggunakan pptp karena kita memang menggunakan pptp(pointo-to-poing tunneling protocol).

6.  untuk menghindari interverensi lebih baik interface wlan kita nonaktifkan dahulu, karena kita sudah membuat VPN.



7. Lalu kita coba masukke hotspot lain tapi kita konek juga menggunakan VPN




untuk percobaan saya tadi saya mencoba konek ke hotspot teman saya, lalu saya remote server saya ternyata berhasil.



F. HASIL YANG DIDAPATKAN
   Dapat mengkonfigurasi VPN dengan PPTP.

G. TEMUAN MASALAH
    Tadi ada masalah teman saya tidak bisa konek ke vpn yang sudah dibuat. ternyata untuk service yang ada di konfigurasinya belum dipilih pptp.

H. KESIMPULAN
   Jadi dengan menggunakan VPN ini  sekrang saya  dan teman saya dapat meremote server maupun router dengan lancar, tanpa interverensi.

I. REFERENSI
  https://id.wikipedia.org







Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.