KOMUNIKASI DATA

Assalamualaikum

A. Judul/Nama Kegiatan
 
    KOMUNIKASI DATA

B.  Pendahuluan

  1. Pengertian : Komunikasi Data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device yang saling terhubung dalam sebuah jaringan.
  2. Latar Belakang dan Batasan Masalah : Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang komunikasi data yang sering dilakukan masyarakat saat ini.
  3. Maksud dan Tujuan : Maksud dan tujuan saya memberikan informasi tentang komunikasi data ini agar orang-orang dan saya sendiri itu tau tentang komunikasi data.
  4. Hasil Yanf Diharapkan : Yang saya harapkan dengan saya memberitahu tentang komunikasi data ini agar masyarakat ataupun teman-teman yang membaca ini dapat dengan mudah mengerti dan memahami tentang apa itu komunikasi data.
C. Alat dan Bahan

    -> PC (Alat)
    -> Browser dan Jaringan Internet (Bahan)

D. Jangka Waktu/ Pelaksanaan Kegiatan

    Hari Sabtu,21 Asgustus 2017
    Jam 08.00-09.00

E.  Proses dan Tahap Pekerjaan
Hasil gambar untuk komunikasi data

     Komunikasi Data itu sendiri merupakan proses dimana ada seorang pengirim yang mengirimkan pesan kepada satu atau lebih penerima yang antara pengirim dan penerima ini masih dalam satu jaringan.

   Dalam Proses Komunikasi Data itu terdapat beberapa komponen antara lain :

  1. Pengirim : Sebagai pengirim pesan
  2. Penerima : Sebagai penerima pesan
  3. Data/pesan : Informasi yang akan disampaikan atau dikirimkan
  4. Mediia : Media/alat yang digunakan untuk proses pengiriman data/pesan tersebut

    Pesan yang disampaikan dalam komunikasi data dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu, pesan yang berupa data dan pesan yang berupa informasi. Sedangkan untuk pengertian data dan informasi yaitu :
  1.  Pesan dapat dikatakan data apabila berupa suatu  fakta dari suatu kejadian, data ini dapat berupa gambar,video,audio. Data itu belum dapat digunakan sebagai sebuah informasi dan data yang sudah melalui proses tertentu itu baru bisa digunakan sebagai informasi.
  2.  Pesan yang merupakan hasil olahan data itu disebut informasi, dan sebuah informasi terbentuk dari sturktur data yang memberi keterangan lebih umum dan lebih lengkap.
   Sistem Komunikasi Data berdasarkan cara pengirimannya dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
  1.  Sistem satu arah (simplex) : sistem komunikasi satu arah disini maksudnya adalah pengirim pesan akan selalu mengirimkan pesan secara terus menerus kepada penerima pesan, tanpa menerima respon dari penerima dan ridak memperdulikan bahwa pesan tersebut sampai atau tidak. contohnya : Siaran radio, Stasiun Televisi (TV).
  2. Sistem dua arah (Duplex) : sistem komunikasi dimana pengirim mengirimkan pesan kepada penerima namun pengirim mendapat respon dari penerima pesan tersebut. Contohnya : Komunikasi telephon, Penggunaan SMS, konferensi jarak jauh. e-mail.Dll.
   Di dalam Sistem komunikasi dua arah (Duplex) tadi ada dua jenis yaitu Half-Duplex dan Full-Dupllex.
  1. Half-duplex : yaitu dimana di sisi pengirim itu juga dapat menerima pesan (receiver) dan di sisi penerima itu juga dapat mengirimkan pesa, namun tidak dapat dilakukan secara bersamaan,jadi harus bergantian.
  2. Full-duplex : yaitu pengirim dapat juga menerima pesan dan penerima pesan dapat juga untuk mengirimkan pesan tanpa harus bergantian atau dapat dilakukan secara bersamaan.

F. Hasil yang didapatkan

   Sekarang lebih menegenal tentang apa itu komunikasi data dan komponen yang ada pada komunikasi data.

G. Temuan Masalah

    Selama saya membaca itu belum ada masalah.

H. Kesimpulan

    Jadi didalam komunikasi data itu pasti ada pengirim, penerima, media yang digunakan untuk mengirim pesan, dan tentunya ada data/pesan yang ingin disampaikan oleh pengirim.

I. Referensi dan Daftar Pustaka

   Modul Komunikasi Data dan Interface
   

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.