KONFIGURASI DASAR MIKROTIK

Assalamualaikum

A. Judul/Nama Kegiatan

    KONFIGURASI DASAR MIKROTIK

B. Pendahuluan

  1. Pengertian : Mikrotik adalah sebuah vendor dari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perangkat Hardware dan Software.
  2. Latar Belakang dan Batasan Masalah : latar belakang saya untuk mengkonfigurasi mikrtoik ini tentunya saya ingin lebih memahami dan mendalami tentang konfigurasi mikrotik.
  3. Maksud dan Tujuan : Maksud dan tujuan saya adalah tentunya agar paham terlbih dahulu, lalu apabila suatu saat berguna atau suatu saat ada seseorang yang membutuhkan bantuan untuk mengkonfigurasikan, kita sudah bisa melakukannya.
C. Alat dan Bahan

    PC
    Kabel LAN
    Mikrotik
    Koneksi Internet

D. Jangka waktu/Pelaksanaan Kegiatan

    Jangka waktu untuk melakukan konfigurasinya saja  15 menit kalau tidak ada problem, dan untuk mempelajari materinya bisa berulang-ulang.

E. Proses dan Tahapan Pekerjaan

  1. Untuk pertama nyalakan mikrotik sesuai dengan prosedurnya,dan sambungkan kabel UTP dari laptop atau komputer ke Mikrtoiknya.
  2. Lalu buka aplikasi winboxnya
  3. Connect ke mikrotik melalui mac address lalu connect.
  4. Ketika sudah masuk, beri nama dulu pada mikrotik dengan System>identity,lalu isikan nama.
 


  5. Lalu kita langsung masuk saja ke address, dengan klik IP> Addresses.

  6. Setelah itu kita tambahkan address , klik + lalu buat address, kali ini saya memmbuat address untuk Ether2 dan wlan1. Untuk Addressnya bebas ngisinya yang penting sesuai aturan.


   7. Lalu kita atur juga DNS server nya , klik IP> DNS, isikan DNS servernya. dan beri checklist pada Allow Remote Request.

   8. Lalu kita masuk ke menu firewall, lalu pilih + lalu pada menu out interface ( diubah menjadi wlan1) dan pada menu action diubah menjadi Masquerade.



   9. selanjutnya atur untuk hotspotnya masukke IP>Hotspot,








  Pada pilihan DNS name, kita boleh bebas mengisinya.

10. lalu kita seting dhcp servernya masuk ke IP>DHCP server









   11. lalu kita set wirelessnya masuk ke wireless, lalu klik dua kali pada wlan1. 


disini kita set wirelessnya seperti gambar diatas.

12. lalu kita atur untuk user login pada hotspotnya.


13. setelah itu kita atur pada dhcp clientnya ,masuk ke IP> DHCP Client








14. ketika semua sudah selesai lalu kita pilih system>reboot


F. Hasil yang didapatkan

   Hasil yang saya dapatkan adalah dengan konfigurasi dasar diatas saya dapat mengerti bagaimana mengkonfigurasi mikrotik, untuk lebih lanjutnya saya akan pelajari lagi.

G. Temuan masalah

   Saya belum mencoba untuk mengkonfigurasi dengan menggunakan jaringan internet,  tetapi setelah saya coba ulangi dengan jaringan internet rupanya lebih sama saja hanya kali ini ada jaringan internetnya.

H. Kesimpulan

   Konfigurasi dasar mikrotik itu sebenarnya mudah kalau kita mau mencoba mempraktekannya, dan konfigurasi dasar diatas semoga dapat berlanjut ke konfigurasi yang lebih lagi.

I. Referensi dan Daftar pustaka.

   Saya kali ini melihat untuk referensinya di blognya Mas Rizky Febriansyah.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.