PERANGKAT KERAS JARINGAN

Assalamualaikum

Disini saya akan menjelaskan tentang beberapa perangkat keras jaringan

A. Judul/ Nama Kegiatan

   Perangkat Keras Jaringan

B. Pendahuluan

  1.  Pengertian : Perangkat keras sebuah jaringan meliputi seluruh komputer, kartu antar muka. (interface card) dan perangkat lain yang diperlukan dalam pengolahan data dan komunikasi pada sebuah jaringan.
  2. Latar belakang dan Batasan Masalah : Perangkat keras apa saja sih yang digunakan pada jaringan itu.
  3. Maksud dan Tujuan : mengetahui perangkat keras yang ada pada jaringan
  4. Hasil yang diharapkan : Setelah membaca atau mengetahui perangkat keras jaringan semoga saja tidak lupa apa yang tela dipelajari.
C. Alat dan Bahan

   PC (Alat)
   Browser dan jaringan internet (Bahan)

D. Jangka Waktu/ Pelaksanaan Kegiatan

   Hari Sabtu,19 Agustus 2017

E. Proses dan Tahap Pekerjaan

      Perangkat keras jaringan adaalah perangkat atau device yang digunakan untuk menunjang kinerja dari  jaringan itu sendiri.

Ada bebapa perangkat keras jaringan antara lain :

  1.  File Server
  2. Workstation
  3. Network Interface Card (NIC)
  4. Hub
  5. Repeater
  6. Bridge
  7. Roouter
Untuk penjelasan tentang bagian diatas simak dibawah ini :
  1. File server : File server adalah seperangkat komputer (Hardware dan Software) yang mengatur segala aktifitas dalam sebuah jaringan. Komputer ini dirancang khusus untuk keperluan pengelolaan jaringan, mempunyai kecepatan diatas kkecepatan rata-rata komputer  biasa, mempunyai RAM dan ruang penyimpanan lebih besar, dan disertai dengan network interface card kkecepatan akses tinggi. Perangkat Lunak sistem operasi jaringan terletak pada komputer ini,beberapa software aplikasi lainnya serta data-data yang perlu di sharing.
  2. Workstation : Semua komputer yang  tersambung ke file server pada sebuah jaringan disebut workstation. Workstation terdiri atas komputer yang mmpunyai sebuah network interface card, software jaringan,dan kabel-kabel yang menghubungkannya. Workstation tidak selalu membutuhkan floppy disk drive ataupun hard disk karena semua file data dapat tersimpan di file server. Tidak ada spesifikasi khusus untuk komputer workstation.
  3. Network Interface Card (NIC) : Kartu antarmuka jaringan (NIC) menyediakan hubungan secara fisik antara jaringan dan komputer workstation. Hampir semua NIC terletak du dalam komputer (internal), terpasang pada slit ekspansi di dalam komputer. Kualitas NIC menentukan kualitas kecepatan dan daya guna sebuah jaringan menggunakan NIC tercepat yang sesuai dengan tipikal  jaringan, merupakan sebuah pilihan yang tepat.  Terdapat Tiga Macal NIC yanng umum digunakan  adalah kartu Ethernet, konektor Local Talk, dan kartu antar muka jaringan Token Ring. Dari Ketiga macam kartu antar muka jaringan tadi, kartu Ethernet adalah yang paling populer, diikuti oleh Token Ring dan Local Talk.
  4. HUB  : Pada umumnya HUB adalah penghubung, HUB adalah suatu alat yang memiliki banyak port yang memungkinkan beberapa titik bergabung menjadi satu jaringan. Pada jaringan yng umum port pada salah satu HUB terhubung ke Server. Port pada HUB biasanya ada 4-24 port plus tambahan 1 buat port ke server ataupun ke HUB yan lain.
  5. Repeater : Sebuah alat yang digunakan untuk membangkitkan kembali sinyal elektonik yang hilang sepanjang media transmisi, Repeater menguatkan sampai pada kondisi dan daya semula, memperbaiki sinyal yang hilang karena adanya gangguan-gangguan.
  6. Bridge : adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai penghubung beberapa jaringan yang terpisah. Bridge bisa menghubungkan tipe jaringan yang berbeda seperti Ethernet dan Fast Ethernet ataupun tipe jaringan yang sama. Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang adap pada masing-masing segmen jaringan dan memperbolehkan hanya lalu lintas data yang diperlukan melintasi  bridge.
  7. Routers : Router itu sebenarnya fungsinya mirip dengan bridge. peerbedaannya  router menyaring (filter) lalu lintas data. Router menerjemahkan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Router mengarahkan jalur yang terbaik bagi sebuahh pesan/data, berdasarkan alamat sumber dan alamt tujuannya. Apabila pad sebuah sambungan terdapat kesahalan, maka router harus dapat memilih jalur alternatif.
F. Hasil Yang Didapatkan

      Lebih Mengerti tentang perangkat keras jaringan yang ada, ternyata suatu perangkat dengan perangkat lainnnya itu memiliki fungsi yaang berbeda-beda.

G. Temuan masalah

     Masalah yang saya temukan adalah perbedaannya HUB dengan Switch itu apa?
    Pemecahan masalahnya : Perbedaan HUB dan Switch terletak dari bagaimana packet data/informasi yang dikirim kepada mereka diproses. Ketika data masuk atau datang ke HUB, HUB akan mengambil data tersebut lalu akan mentransmisikannya ke setiap komputer yang  terhunbung ke jaringan. Tetapi berbeda dengan switch, switch akan menerima data tersebut dan hanya akan mengirimkannya ke kompuuter yang berkepentingan menerima data tersebut.

H. Kesimpulan

     Jadi dari sedikit pembahasan diatas bahwa, perangkat keras yang berada pada jaringan itu saling berhubungan dan memiliki fungsi yang berbeda-beda, dan menjalankan fungsinya masing-masing.

I. Referensi dan Daftar Pustaka

  Modul Komunikasi Data


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.